Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII-c SMP Negeri 2 Kupang Semester Ganjil tahun Ajaran 2018/2019

LESIANGI, Dini Astriana (2018) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII-c SMP Negeri 2 Kupang Semester Ganjil tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam menemukan pengetahuan atau pemahaman untuk menyelidiki, mulai dari melakukan pengamatan, mengajukan pertanyaan, merencanakan penyelidikan, pengumpulan data atau informasi dan melakukan penyelidikan, menganalisis data, membuat kesimpulan dan mengkomunikasiakn hasil penyelidikan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIc SMP Negeri 2 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? yang secara spesifik dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIc SMP Negeri 2 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? 2) bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIc SMP Negeri 2 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? 3) bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIc SMP Negeri 2 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? 4) bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIc SMP Negeri 2 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIc SMP Negeri 2 Kupang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 peserta didik. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-kisi Hasil Belajar ( kognitif, afektif, psikomotorik ). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, tes dan angket. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi skor rata-rata, proporsi dan presentase. Hasil analisis deskriptif di atas menunjukan bahwa secara umum penerapan pendekatan inkuiri terbimbing adalah optimal untuk materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VIIc SMP Negeri 2 Kupang semester ganjil tahunajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penderkatan Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Guru; Ketuntasan Indikator; Ketuntasan Hasil Belajar; Respon Peserta Didik; Kalor dan Perpindahannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:34
Last Modified: 06 Oct 2020 02:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3240

Actions (login required)

View Item View Item