Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas X IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

KASE, Anna Krismiyati (2018) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas X IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)

Abstract

Pendekatan Inkuiri terbimbing adalah pendekatan pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi peserta didik untuk melakukan eksperimen sendiri di bawah bimbingan guru, mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan mencari sendiri jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik Kelas Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik Kelas X Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok gerak lurus pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Mendeskripikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Mendekripsikan ketuntasan hasil belajar yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Pemuaian pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok Gerak lurus pada peserta didik Kelas X IPA 1 Semester Ganjil SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas X IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pelaksanaan Pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, Tes Hasil Belajar (kognitif, afektif, psikomotor dan proses) dan Angket Respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase dan proporsi. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Kisi-kisi dan Tes Hasil Belajar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan inkuiri terbimbing adalah baik untuk materi pokok gerak lurus pada peserta didik kelas X IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang yang berjumlah 27 orang. Lima belas indikator hasil belajar kognitif yang disiapkan, semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara keseluruhan dikatakan tuntas pada aspek kognitif, afektif, psikomotor dan proses. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Gerak Lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:24
Last Modified: 28 Sep 2020 01:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item