Pengaruh Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019

RADJA, Marini Martha (2018) Pengaruh Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)

Abstract

Kreativitas belajar adalah kemampuan peserta didik untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada dalam kegiatan belajar. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan suatu model atau strategi pembelajaran yang menekankan pengalaman langsung di lapangan untuk menemukan konsep melalui serangkaian data atau informasi yang diperoleh melalui pengamatan atau percobaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kreativitas belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019?; 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019?; 3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019?; 4) Adakah pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kreativitas belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019; 2) Mendeskripsikan ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019; 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019; 4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang, yang menjadi sampel adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kupang, diambil dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 berada pada kategori kreativitas tinggi dengan rata-rata perolehan skor 78%; 2) Ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 semuanya tuntas; 3) Ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 semuanya tuntas; 4) Ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning materi pokok pesawat sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP N 1 Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu sebesar 44,60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pesawat Sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:28
Last Modified: 28 Sep 2020 01:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item