Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

KELENDONU, Yesua (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
FILE BAB 1.pdf

Download (30kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf

Download (77kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf

Download (100kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf

Download (85kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (36kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dalam proses pembelajaran, dapat berbentuk kognitif, afektif dan psikomotorik yang penilaiannya melalui tes. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran atau pembelajaran yang ada tidak melibatkan peserta didik secara aktif sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan itu dipercaya berimbas pada hasil pembelajaran yang diperoleh. Salah satu pembelajaran yang dipercaya dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran dan hasil belajar peserta didik adalah model Problem based learning. Model problem based learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata. Penelitan ini dilakukan dalam kondisi sekolah, pembelajaran dan peserta didik yang berbeda – beda, setiap kondisi peserta didik dan pembelajaran dalam suatu sekolah yang berbeda – beda dapat mempengaruhi hasil penelitian,Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning teradap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Adisucipto Kupang. Jenis rancangan penelitian ini adalah kuasi experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPK Adisucipto Kupang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII B. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model problem based learning yaitu 50,6 meningkat menjadi 75. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik stelah diterapkan model pembelajaran langsung yaitu 45 meningkat menjadi 50,66. 2). Hasil uji anacova satu arah (one way-anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05.dengan demikian Ha yang mengatakan “Ada pengaruh penerapan Model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok sitem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Sep 2020 00:52
Last Modified: 28 Sep 2020 00:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item