Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

KLAU, Serliana Abuk (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru masih kesulitan mengaktifkan siswa untuk belajar, sehingga proses pembelajaran belum memenuhi standar proses sesuai yang diharapkan. Hal ini menyebabkan kualitas pembelajaran masih rendah yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, disini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi–experimental dengan desain penelitian pretest-posttest non equivalen control group design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif ( analisis skor hasil belajar siswa, analisis data aktivitas siswa dan analisis data keterlaksanaan pembelajaran), dan uji t-test ( perbedaan rata-rata hasil belajar siswa) . Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 35,9 menjadi 77,3. Sedangkan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung masing-masing adalah 32,7 menjadi 58,6. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division dan pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang di tandai dengan hasil analisis uji t dengan teknik Paired Sample t-test menunjukan bahwa tipe STAD diperoleh hasil uji thitung> ttabel yaitu 32,270>1,281 dengan taraf sig. 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Angkasa Kupang pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia Tahun Ajaran 2017/2018. Kata

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division, materi sistem ekskresi pada manusia dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Sep 2020 00:54
Last Modified: 28 Sep 2020 00:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item