Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SAPAY, Dini Harisa (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrakk.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BABIV.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA Biologi adalah rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 10 Kupang tahun ajaran 2018/2019”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitiannya adalah pratestpascatest dengan kelompok pengendali tidak diacak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil belajar peserta didik diukur dengan menggunakan tes hasil belajar yang diperoleh dari kisi-kisi soal sebelum melaksanakan pembelajaran (tes awal) dan sesudah melakanakan pembelajaran (tes akhir), selajutnya data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik anacova satu arah (one wayanacova) dengan bantuan SPPS versi 16,0 tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 10 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dari data hasil analisis di atas ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini dilihat dari signifikan 0,001< dari nilai signifikan yang telah di tetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian H0 yang menyatakan “Tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 10 Kupang pada materi pokok sistem gerak pada manusia tahun ajaran 2018/2019” ditolak dan konsekuensinya H1 yang menyatakan bahwa “ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 10 Kupang pada materi pokok sistem gerak pada manusia tahun ajaran 2018/2019” diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 10 Kupang. Dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:49
Last Modified: 06 Oct 2020 03:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item