Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

TAEL, Maria Elfrida (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pembelajaran biologi yang dilakukan guru di SMP 4 Kota Kupang masih didominasi dengan model direct instruction, belum menggunakan variasi model pembelajaran lainnya. Dalam proses pembelajaran sebagian siswa kurang aktif dan kurang berkonsentrasi sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan pembelajaran inovatif yang memacu siswa aktif dalam mengikuti pelajaran, sehingga tercapainya standar proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan design penelitian Pra-tes dan pasca-tes dengan kelompok pengendali tidak di acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-A (kelas eksperimen) dan kelas VIII-B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal dan bersifat homogen yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan dengan model problem based learning dan kelas yang diberi perlakuan pembelajaran langsung dengan nilai signikansi yaitu > 0,05. Hasil uji anacova jika dilihat dari fhitung maka menunjukkan bahwa nilai fhitung , 46,628 lebih besar dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05 untuk kelas yang mendapat perlakuan model problem based learning. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak artinya bahwa tidak ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia dan hipotesis Ha diterima artinya bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, hasil belajar, sistem pencernaan makanan pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:10
Last Modified: 28 Sep 2020 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item