Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SUGI, Anamaria Bulu (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)

Abstract

Dalam pembelajaran sebagian peserta didik kurang serius dalam mengikuti pembelajaran, kurang serius dalam mendengarkan pengarahan guru dalam pembelajaran, masih terbatasnya buku paket IPA yang tersedia sehingga peserta didik tidak tertarik sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah ini dengan menerapkan pembelajaran saintifik sehingga tercapainya standar proses pembelajaran. Peneliti menerapkan model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment, dengan Desain penelitian yang digunakan adalah Desain Nonequivalent Pre-tes Post-test kontrol group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Kupang. Sampel adalah kelas VII C yang diterapkan model Discovery Learning dan kelas VII D yang diterapkan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, dan statistik inferensial yaitu uji Anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posstest pada kelas eksperimen yang menerapkan model Discovery Learning lebih tinggi yaitu 79,84 dibandingkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung yaitu 75,60, dengan N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,65 termasuk kategori sedang dan pada kelas kontrol yaitu 0,59 termasuk kategori sedang. Hasil uji anacova menunjukkan nilai sig yaitu 0,002 atau lebih kecil dari 0,05 (0,002≤0,05). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMPN 9 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery learning, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:20
Last Modified: 28 Sep 2020 01:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item