Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

KALI, Joice Linda (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adalah pola pembelajaran di mana guru lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, maka peneliti menerapkan model Problem Bassed Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Probleam bassed learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 3 kupang tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII F dan VIII H dimana kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII H ebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalant control group desain, data di analisis dengan statistik deskriptif untuk menganalisis aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, N-Gain dan rata-rata hasil belajar peserta didik, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan statistik inferensial yaitu menggunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada saat pretest 41,3, posttest 79,06 untuk pembelajaran model probleam bassed learning dan untuk pembelajaran langsung pretes 41,1 dan postes 71,41. N-gain untuk kelas eksperimen 0,63 dan kelas kontrol 0,51 Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Problem Bassed Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sisitem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 3 Kupang Tahum Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Probleam Bassed Learning, hasil belajar, sistem pencernaan makanan pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:52
Last Modified: 28 Sep 2020 02:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3274

Actions (login required)

View Item View Item