Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan Media Alat Peraga Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII di SMPK Sta. Familia Tahun Ajaran 2018-2019

WARA, Yohanes Eudes (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan Media Alat Peraga Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII di SMPK Sta. Familia Tahun Ajaran 2018-2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)

Abstract

Pendidikan merupakan wahana utama untuk mengembangkan sumber daya manusia yang dilakukan secara sistematis, praktis dan berjenjang. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Biologi dan diskusi dengan beberapa guru kelas lainnya, diketahui dalam pembelajaran Biologi siswa SMP kelas VIII di SMPK Sta. Familia Sikumana mengalami kesulitan belajar yaitu memahami bagian – bagian organ dalam Tubuh. Kenyataan ini di ketahui dengan rendahnya kemampuan pemahaman siswa akan materi pengenalan Organ Tubuh ketika guru bertanya di saat pelajaran yang sudah diulang terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan media alat peraga terhadap pemahaman siswa kelas VIII di SMPK Sta.Familia Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian, Pra Test-Pasca Test dengan kelompok pengendali tidak di acak. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMPK Sta Familia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. . Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti menentukan sendiri sampel yang akan diamati dengan pertimbangan atau tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dari 22 orang yang berhasil tuntas adalah 22 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis kovarian dengan berbantuan program SPSS versi 16.0 untuk model Inkuiri Terbimbing dan pembelajaran langsung menunjukan bahwa nilai F hitung dari kedua model pembelajaran adalah sebesar 8,517 dengan nilai signifikansi 0,006 atau lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis H0 di tolak artinya bahwa tidak ada pengruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media alat peraga dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia,dan hipotesis penelitian Ha diterima.artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media alat peraga terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Sta. Familia Kupang tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,006 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,Model Inkuiri Terbimbing, Media Alat Peraga, Pemahaman Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Sep 2020 01:13
Last Modified: 30 Sep 2020 01:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item