Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MULYONO, Stefanus Romaldi (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
file BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
file BAB II.pdf

Download (70kB)
[img] Text
file BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
file BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
file BAB V.pdf

Download (126kB)

Abstract

Pada hakekatnya kualitas dan mutu pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah guru sebagai pengelola pembelajaran dan strategi pembelajaran yang diterapkan. Strategi pembelajaran mempunyai peranan yang penting, karena strategi pembelajaran merupakan salah satu penunjang utama berhasil atau tidaknya seorang guru dalam mengajar. Salah satu model pembelajaran yang bisa membuat siswa termotivasi untuk belajar adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk menemukan masalah dari suatu peristiwa nyata, mengumpulkan informasi dengan caranya sendiri untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 5 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 5 Kupang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII M dan VII N. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Pretest-posttest Control Group Design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji normalitas, uji homogenitas dan uji anacova) Dari hasil analisis deskriptif menunjukan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah yaitu 41,03 meningkat menjadi 72,83, rata-rata reliabilitas instrumen aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 92,15%-ratareliabilitas≥instrumenR75%kemampuandan rata guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 99,08% ≥ R 75%one. wayHasil- uj anacova diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMPN 5 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, materi pokok klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Sep 2020 01:47
Last Modified: 30 Sep 2020 01:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3290

Actions (login required)

View Item View Item