Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MANAFE, Eugenesia Ratim (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat peserta didik, sehingga proses pembelajaran yang belum memenuhi standar proses sesuai yang diharapkan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovtif yang dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik, peneliti menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar peserta didik kelas VIII di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). dengan desain penelitiannya Nonrandomized ControlGroup Pretest-Posttest Design.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning yakni 78,33. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai probabilitas (sign.) 0,016 < 0,05. Aktifitas siswa dengan menerapkan model problem based learning berada pada kategori baik dengan rata-rata reliabilitas 91,97. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, hasil belajar peserta didik, materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:20
Last Modified: 30 Sep 2020 02:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item