Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas VIII di SMPK Sta. Familia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

PENDU, Apriani Rambu (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas VIII di SMPK Sta. Familia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan peserta didik yang dinyatakan dalam bentuk nilai. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini nampak dari hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih rendah. Hal ini juga disebabkan karena siswa yang masih pasif selama proses pembelajaran dan malu untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Pembelajaran IPA, khususnya biologi sudah seharusnya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung karena itu peserta didik perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses agar mereka mampu memahami secara mendalam apa yang telah dipelajari. Penggunaan model pembelajaran yang tepat, selain meningkatkan hasil belajar juga guru dapat memicu keterampilan proses yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas VIII di SMPK Sta. Familia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain penelitian adalah desain Pra-tes-Pasca-tes Dengan Kelompok Pengendali Tidak di acak. Data dikumpulkan melalui observasi dan test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yakni 65,83 sedangkan pembelajaran langsung 61,25. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai probabilitas (sign) 0.012 < 0.05. untuk keterampilan proses, kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 79,58 dan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata sebesar 41,45. Aktivitas siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing berada pada kategori baik dengan rata-rata reliabilitas 86,76 sedangkan aktivitas siswa dengan pembelajaran langsung dengan rata-rata 86,08. Kemampuan guru dengan inkuiri terbimbing mendapat skor rata-rata reliabilitas 98,76 sedangkan kemampuan guru dengan model pembelajaran langsung 97,05. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses peserta didik kelas VIII di SMPK Sta. Familia Kupang Tahun ajaran 2018/2019. Dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0.012 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0.05. Sedangkan presentase keterampilan proses dikelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan pada tumbuhan, Hasil Belajar, Keterampilan Proses.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:42
Last Modified: 30 Sep 2020 02:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item