Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

KARTIBA, Kresensia (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah siswa kurang aktif dan mereka hanya mendengar ceramah dan mencatat. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakasanakan di SMP Angkasa Kupang dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control group Pretest-Postesst Desing. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen rata-rata pretest sebesar 42,59 dan posttest sebesar 81,11 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretest sebesar 39,63 dan posttest sebesar 59.81. Data ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, data yang dimiliki berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian data dapat ditindaklanjuti dengan uji Anacova yang menunjukkan bahwa Asym.sig(2 sided) 0.000< taraf signifikan 0.05 maka hipotesis nihil (H0) yang menyatakan model Problem Based Learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditolak, sehingga hipotesis penelitian (Ha) yang menyatakan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:00
Last Modified: 30 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item