Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SALAM, Gaudensia Savira (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khusus Biologi. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan kata lain siswa yang memiliki peran aktif dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Pra Test-Pasca Tes dengan kelompok pengendali tidak di acak dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pretes dan posttes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung rata-rata hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajara; dan statistik inferensial uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 83,04 (tuntas), nilai N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,72 dalam kategori tinggi sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 86,01 (baik) dan skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 96,00 (baik). Sedangkan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 70,43 (tuntas), nilai N-gain kelas kontrol yang adalah 0,57 termasuk dalam kategori sedang. Skor rata-rata aktivitas siswa yaitu 84,46 (baik) dan skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu 97,10 (baik). Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa terlihat dari uji anacova yaitu dengan nilai sig. untuk kelas sebesar 0,017. Karena nilai signifikansi yang diperoleh dibawah 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan,.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:09
Last Modified: 05 Oct 2020 01:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

View Item View Item