Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MOSA, Maria Yunesta (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (221kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Proses pembelajaran IPA di kelas sering mendapat kendala. Salah satu kendala yang ditemukan yaitu Pembelajaran IPA yang dilakukan di sekolah tersebut cenderung menggunakan konsep pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) sedangkan peserta didik menerima pembelajaran secara pasif. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah kerena peserta didik kurang memahami apa yang diajarkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang . Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan None quaivalent Pretest-Posttest Control Group Desigen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, Kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, menghitung rata-rata hasil belajar peserta didik, dan statistik inferensial yaitu anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen (model discovery learning ) adalah pada pretes 45,74 dan postes 85,37, N-gainya 0,7 termasuk kategori tinggi, sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol (model pembelajaran langsung) rata-rata pretes 37.40 dan posest 73,33, N-gainya 0,6 termasuk kateogri tinggi. Hasil uji Anacova menununjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan Ha diterima karena signya lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 Hasil peneliian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sitem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:20
Last Modified: 06 Oct 2020 04:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item