Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

TANESIB, Deny Semfly (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, masalah yang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik rendah. Rendahnya hasil belajar peseta didik dikarenakan dalam proses pembelajaran peserta didik tidak ikut dilibatkan. Solusinya adalah dengan merapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik adalah model discovery learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada pretest sebesar 43,23 sedangkan posttest sebesar 80,81. Hasil uji anacova, menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig.) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,009 < 0,05 sehingga Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Materi Sistem Pencernaan Makanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:13
Last Modified: 05 Oct 2020 01:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item