Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019

NEKIN, Yuliana W. B. (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran sebagian Peserta Didik kurang aktif, sehingga dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu peneliti menerapkan model Discovery Learning, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia. subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang, yang terdiri dari peserta didik kelas (VIII G) sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang, dan Kelas (VIII H) sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dan analisis data secara deskripstif dan inferensial dengan menggunakan uji ANACOVA. Data hasil belajar Peserta Didik berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Langsung dengan nilai signikansi yaitu > 0,01. Data hasil belajar peserta didik juga bersifat homogen dengan nilai signikansi > 0,01. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model Discovery Learning yaitu sebesar 53 mengalami peningkatan sebesar 26,33 sehingga menjadi 79,33. Sedangkan peserta didik yang menggunakan model Pembelajaran Langsung mengalami sedikit peningkatan yaitu sebesar 18,33 dari 51 sehingga menjadi 69,33. Hasil uji ANACOVA (sig.) 0,000< dari taraf signifikan 0,05 untuk kelas yang menggunakan model Discovery Learning, maka hipotesis nihil (H0) yang menyatakan model Discovery Learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pesera didik ditolak, sehingga hipotesis penelitian (Ha) yang menyatakan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:17
Last Modified: 05 Oct 2020 01:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item