Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SEBO, Eduardus Wilfridus (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V INI.pdf

Download (302kB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses yang rumit karena tidak sekedar menyerap informasi dari guru tetapi melibatkan berbagai kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Proses pembelajaran dan hasil belajar tidak bisa dipisahkan karena satu dengan lainnya saling berkaitan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar yang baik berasal dari proses pembelajaran yang baik pula. Namun jika dilihat dari perolehan rata-rata nilai UN dari tahun ke tahun baik pada tingkat provinsi NTT, kabupaten Kupang dan juga sekolah yang berada dalam wilayah kota Kupang salah satunya yaitu SMP Negeri 16 Kupang masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, guru harus melaksanakan proses mengajar yang efektif, dengan memilih metode yang tepat untuk setiap bahan pelajaran salah satunya model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelasVIII di SMP Negeri 16 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian yaitu The Nonequivalent pretest-posttest Control Group. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisisis inferensial yang mencakupi uji normalitas, homogenitas dan anacova/kovarian satu arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai probilitas (sig) setelah dilakukan analisis menggunakan kovarian satu arah (one way-anacova) lebih kecil dari pada taraf signifikan yang ditentukan (0,005 < 0,05). Oleh karena itu Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh paenerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelasVIII di SMPN 16 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:20
Last Modified: 05 Oct 2020 01:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3299

Actions (login required)

View Item View Item