Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

RENDO, Agnes Lumania (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
01COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (195kB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan tidak dapat terlepas dari berbagai upaya. Salah satunya upaya pemerintah adalah menerapkan dan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi pada tahun 2004 dan 2006 menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 ditetapkan sebagai bagian meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia di seluruh jenjang yang dinilai dari tiga ranah kompetensi, yaitu: pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tahap pelaksanaan kurikulum 2013 berfokus pada kegiatan aktif peserta didik melalui suatu proses ilmiah dengan tujuan agar pembelajaran tidak hanya menciptakan peserta didik yang mempunyai kompetensi pengetahuan saja, tetapi juga mampu menciptakan peserta didik yang baik dalam sikap dan keterampilan. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered) sehingga peserta didik akan memiliki pengalaman langsung dalam belajar. (Hamdu dan Agustina, 2011). Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain model pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran kurang tepat jika dilihat dari karakteristik materi yang dibahas sehingga suasana pembelajaran menjadi kurang menarik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Di SMPN 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau kuasi eksperimen. Desain penelitian adalah desain pra-test pasca-tes dengan kelompok pengendali tidak diacak. Data dikumpul melalui observasi dan tes teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menujukan bhwa nilai hasil belajar peserta didik pada model Problem Based Learning pada tabel 4.5 Menujukan bahwa nilai F hitung adalah sebesar 64,452 dengan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut Menujukan bahwa hipotesis Ho ditolak artinya bahwa tidak ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Ha diterima artinya bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan data hasil analisis oneway-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probalitas (sig) sebesar 0,00 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Oct 2020 01:45
Last Modified: 01 Oct 2020 01:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item