Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019

KELEN, Maria Yosefa Hope (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (39kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian Preites postes Nonequaivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif ,, dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran (pretes) adalah 41,5 dan setelah pembelajaran (posttest) 81,833 dan pada kelas kontrol pretest adalah 35,5 dan postest adalah 69,833. Hasil uji anacova menunjukkan sig 0,001≤0,05. Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kelas eksperimen 3,9 dan kelas kontrol 3,8. Rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran kelas eksperimen 75,28 dan kelas kontrol 70,20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, sistem pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Oct 2020 01:49
Last Modified: 01 Oct 2020 01:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item