Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMPK ST. Yoseph Naikoten Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019

ABUK, Arnoldina (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMPK ST. Yoseph Naikoten Kupang Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik, sehingga proses pembelajaran belum memenuhi standar proses sesuai yang diharapkan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model-model inovatif yang dapat meningkatkan semangat pesrta didik, peneliti menerapkan model discovery learning. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model discovery learning.terhadap hasil belajar peseta didik SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan desain penelitian tes awal (pretest) perlakuan (threatment) dan tes akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang tahun ajaran 2018/2019 dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung rata-rata hasil belajar peserta didik, aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan statistik inferensial uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran (pretes) adalah 57,75 dan setelah pembelajaran (posttest) 77,75 N-Gain nya 0,46 termasuk kategori rendah. Pada kelas kontrol pretestnya adalah 61,25 dan postestny adalah 70 N-Gainnya 0,19 termasuk kategori sangat rendah. Hasil uji anacova menunjukkan signya 0,001≤0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, artinya ada pengaruh model discovery learning. terhadap hasil belajar peserta didik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model discovery learning. terhadap hasil belajar peserta didik di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dinuktikan dengan data hasil analisis oneway-anacova untuk hasil belajar memperoleh niali probabilitas (sign) sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery learning, Hasil Belajar, Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 05 Oct 2020 00:27
Last Modified: 05 Oct 2020 00:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item