Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA Katolik Sint Carolus Kupang Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2018/2019

SANI, Yohanes Sinar Kia (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA Katolik Sint Carolus Kupang Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01cover-daftar isi.pdf

Download (435kB)
[img] Text
02BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
03BAB 2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
03BAB 3.pdf

Download (208kB)
[img] Text
04BAB 4.pdf

Download (266kB)
[img] Text
05BAB 5.pdf

Download (187kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran yang menunjukkan kualitas seorang peserta didik, sekolah, maupun suatu negara. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik baik pada nilai ujian nasional dan nilai ujian semester di sekolah menunjukkan hasil belajar yang masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik adalah model pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar karena model discovery learning menuntut peserta didik untuk terlibat secara aktif untuk menemukan dan memecahkan masalah sendiri dalam pembelajaran. Penelitian sebelumnya yang menerapkan model discovery learning terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Katolik Sint Carolus Kupang pada materi pokok keanekaragaman hayati tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Katolik Sint Carolus Kupang. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas X IPA 1 yang berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre test-post test Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisisin inferensial (uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis of covariance one way). Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar sebelum dan setelah diberi perlakuan model discovery learning meningkat dari 41,46 menjadi 83,13, rata-rata reliabilitas intrumen aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 83,09% > R 75%, dan rata-rata reliabilitas intrumen kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran pada kelas eksperimen yaitu 98,33% > R 75%. Sedangkan hasil analisis one way anacova menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan ada pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Katolik Sint Carolus Kupang pada materi keanekaragaman hayati tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model discovery learning, Hasil belajar, dan Keanekaragaman Hayati.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:29
Last Modified: 06 Oct 2020 04:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item