Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK St.Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

NAMATUKAN, Petronela Anu (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK St.Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)

Abstract

Pendidikan bagi sebagian orang, berarti segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan selama 6 bulan di sekolah SMPK St Yoseph Naikoten, salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum baru yakni Kurikulum 2013 ada beberapa masalah yang ditemukan mengenai aktivitas belajar peserta didik yaitu kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan yang salah seperti kurang perhatian, rendahnya minat terhadap pelajaran sekolah, sikap ketidakpedulian dan kurang mendengarkan selama proses pembelajaran, lebih cenderung menggunakan pikiran mereka untuk hal-hal diluar mata pelajaran. Sikap peserta didik terhadap belajar akan menentukan proses belajar itu sendiri. Alasan mengapa dilakukan penelitian yaitu meliputi beberapa hal seperti berikut : Mengenai pertanyaanpertanyaan yang belum terjawab oleh peneliti, 2) motivasi yang berupa rasa ingin tahu untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, 3) memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMPK St.Yoseph Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian adalah Nonequaivalent control group Design. Data dikumpul melalui observasi dan tes teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis kovarian dengan bantuan program SPSS versi 16.0 untuk model Problem Based Learning dan pembelajaran langsung pada tabel 4.5 Menujukkan bahwa nilai F hitung dari kedua model model pembelajaran adalah sebesar 64,262 dengan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, artinya ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMPK St.Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di SMPK St.Yoseph Kupang 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:31
Last Modified: 06 Oct 2020 04:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3316

Actions (login required)

View Item View Item