Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

LENGGU, Indi A. (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01 COVER- DAFTAR ISI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf

Download (111kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf

Download (80kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V - Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan produk evaluasi yang dilaksanakan untuk melihat apakah terdapat perubahan atau tidak pada diri peserta didik dan berhasil atau tidaknya pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran biologi di sekolah cenderung menggunakan konsep pembelajaran yang berpusat pada guru dan peserta didik kurang telibat dalam proses pembelajaran dikarenakan peserta didik kurang aktif. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI pada Materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengain desain penelitian pratest-pascattest Nonequivalent control group design. Data dikumpul melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest 56 dan posttest 86,333 dan N-Gainnya 0,69 terkategori tinggi pada kelas yang menerapkan model Problem Based Learning. Sedangkan rata-rata pretest 46,5 dan posttest 59,46 dan N-gain 0,63 pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung. Dari hasil uji anacova menunjukkan sigmanya = 0,003 ≤ 0,05 yang menyatakan hipotesis nol (H0) ditolak atau dengan kata lain hipotesis alternatif (H1) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMAN 4 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, penerapan, Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 05:03
Last Modified: 06 Oct 2020 05:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3317

Actions (login required)

View Item View Item