Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

KEHI, Eustholia Yohana (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru masih kesulitan mengaktifkan siswa untuk belajar, sehingga proses pembelajaran belum memenuhi standar proses sesuai yang diharapkan. Hal ini menyebabkan kualitas pembelajaran masih rendah yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, disini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif Pendekatan Think Pair Share. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa Kelas VII Di SMPAngkasa Kupang Pada Materi Pokok Dampak pencemaran lingkungan Bagi Kehidupan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang adalah nonequivalent control group desain dan data yang di peroleh dianalisis secara deskripstif dan inferensial. Hasil Penelitian menunjukan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Thin Pair Share terhadap hasil belajar, dengan t hitung> t tabel,: 26,842> 23,110 dengan taraf signifikan 0,05 Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share dan Konvesional terhadap hasil belajar siswa SMP Angkasa KupangTahunAjaran 2017/2018. Hal tersebut terlihat dari nilai probabilitas (sign) 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukanyaitu 0,01.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Think pair share, dan hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 05:07
Last Modified: 06 Oct 2020 05:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item