Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

WAKUNG, Susantiana (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. ada beberapa masalah Di Nusa Tenggara Timur terutama di daerah-daerah kabupaten dan atau kota, hampir kebanyakan siswa berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah, selain itu di sekolahsekolah pada bebagai level juga memliki ketersediaan daya dukung pembelajaran yang terbatas. Faktanya semua lembaga pendidikan pada berbagai level memiliki ketersediaan daya dukung yang berbeda-beda, sebagaimana yang terlihat di SMP Negeri 1 Kupang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan desain penelitian pratest dan pascatest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung rata-rata hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajara; dan statistik inferensial uji anakova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran (pretes) adalah 44,62 dan setelah pembelajaran (posttest)81,15 N-Gain nya 0,66. Pada kelas kontrol pretestnya adalah 40,77 dan postestny adalah 79,19 N-Gainnya 0,54 termasuk kategori sedang. Hasil uji anacova menunjukkan signya 0,000≤0,05. . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar, materi sistem pencernaan makanan pada manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 05:09
Last Modified: 06 Oct 2020 05:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item