Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

AEK, Serviana (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran IPA biologi antara lain rendahnya hasil belajar peserta didik, peserta didik memandang materi biologi susah untuk dipahami dan cakupan materi yang terlalu banyak dengan waktu yang sedikit, konsep-konsep yang tertanam dalam diri peserta didik lemah, karena peserta didik cenderung hanya menghafal konsep tanpa memahaminya, selama proses pembelajaran peserta didik kurang percaya diri dalam bertanya atau memberikan pendapat dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran sehingga peserta didik menjadi kurang optimal dalam mengembangkan keterampilan berpikirnya. Penyajian materi masih sering dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi yang menjadikan guru sebagai pusat belajar, kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan belajar karena kegiatan yang berlangsung terkesan monoton dan membosankan. Untuk mengatasi masalah ini guru perlu menerapkan suatu pembelajaran untuk merangsang peserta didik lebih aktif untuk terlibat dalam proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajarnya. Model pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan ini adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Kupang dan sampel penelitian ini adalah VII A dan VII B SMPN 2 Kupang. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Teknik analisis data adalah secara deskriptif untuk mengukur aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis yaitu uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil belajar peserta didik pada saat posttest untuk kelas eksperimen lebih besar daripada pada saat pretest ( 85,71 ≥ 58,39); N-Gain 0,69 atau 0,7 termasuk kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata posttes 74,67 dan pretest 44 N-Gain 0,47 termasuk kategori sedang. Hasil uji anakova sigmanya 0,003 ≤ 0,05 sehingga hipotesis ditolak dan Hipotesis (Ha) diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 05:11
Last Modified: 06 Oct 2020 05:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item