Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

HAYON, Stefanus Pati (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 16 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
File Abstrak.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)

Abstract

Permasalahan dalam pendidikan salah satunya ialah hasil belajar peserta didik yang rendah. Hal ini dikarenakan daya serap peserta didik yang rendah, kurangnya keaktifan peserta didik, kemauan untuk belajar kurang serta daya dukung yang kurang memadai. Upaya yang dilakukan pendidik untuk mengatasi permasalahan terkait hasil belajar dengan adanya daya dukung yang memadai dan menerapkan model problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 16 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pra-test pasca-test dengan kelompok tidak diacak. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah tes dengan menerapkan model problem based learning nilai F hitung yaitu sebesar 28,210 pada taraf signifikan 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 16 Kupang tahun ajaran 2018/2019 ditolak dan konsekuensinya Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelasVIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 16 Kupang tahun ajaran 2018/2019 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusiatahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Oct 2020 05:22
Last Modified: 06 Oct 2020 05:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item