Efektivitas Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Kelas VIII B SMPK Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2019/2020

MANGO, Agustinus (2020) Efektivitas Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Kelas VIII B SMPK Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (113kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan kontrol diri siswa kelas VIIIB SMP Katolik Adisucipto Penfui Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik Sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan kontrol diri siswa kelas VIIIB SMP Katolik Adisucipto Penfui tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen one group pretest-postest design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan atas dua yaitu instrumen pengumpul data berupa angket dan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok.Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 7,143 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan dk=N-2 adalah 4,032.Dengan demikian nilai thitung>ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan kontrol diri siswa kelas VIIIB SMP Katolik Adisucipto Penfui tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada :1. Kepala sekolah, diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas dalam melancarkan kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Sosiodrama agar dapat membantu meningkatkan kontrol diri siswa di sekolah, 2. Guru mata pelajaran, diharapkan dapat bekerja sama dengan guru BK agar bersama-sama mencari solusi atas masalah yang dihadapi siswa, khusunya masalah kontrol diri 3. Guru BK, diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kelompok kepada siswa dengan menerapkan teknik Sosiodrama untuk meningkatkan kontrol diri siswa di sekolah, 4. Siswa, diharapkan dapat memanfaatkan setiap layanan bimbingan kelompok yang diberikan sehingga dapat meningkatkan kontrol diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Oct 2020 00:28
Last Modified: 07 Oct 2020 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item