Strategi Pemerintah Kelurahan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Lurah Naimata Kota Kupang

TUKAN, Lusianus Molan (2019) Strategi Pemerintah Kelurahan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Lurah Naimata Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKfix.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (114kB)

Abstract

Sterategi Pemerintah Kelurahan Dalam Mengkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Lurah Naimata Kota Kupang. Bagaimana dampak dari penerapan strategi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di kelurahan Naimata? Dengan demikian tujuanya adalah untuk mengetahui dan menginterpretasi kualitas pelayanan publik di kelurahan Naimata sebelum dan sesudah peneapan strategi peningkatan kualitas pelayanan. Kerangka teori yang digunakan dalam skripsi ini berupa 5 aspek yaitu Aspek Determinan utama kualitas pelayanan, Pengelolaan bukti pelayanan publik, Pendidikan bagi pengguna layanan publik, Pembenahan sarana dan prasarana pelayanan publik, dan Pemberlakuan reward and punisment. Untuk memperoleh gambaran mengenai strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik ditinjau dari tingkat kepuasan masyarakat, Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sember data primer diperoleh secara langsung dari warga kelurahan Naimata selaku informan penelitian, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen dari sekretariat kelurahan Naimata. Informan dalam penelitian ini adalah Lurah Naimata beserta staf kelurahan dan masyarakat Naimata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang diperoleh dari penerapan strategi meningkatkan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan 5 indikator penelitian sepenuhnya belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek: (1) Terkait layanan yang responsive terhadap kebutuhan warga masih ada beberapa warga yang belum mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas pelayanan dalam hal komunikasi dan ketepatan waktu pelayanan. (2) Terkait bentuk layanan yang sesuai dengan ekspetasi warga tentang layanan yang baik terdapat pegawai yang lamban dalam melakukan tugas. (3) Terkait tingkat pemahaman pengguna layanan dikatakan sudah sangat baik dengan upaya pemerintah kelurahan bekerja sama dengan lembaga yang berada diseputaran Kerlurahan Naimata. (4) Terkait ketersediaan sarana dan prasana pelayanan publik dan keefektifan dan efisiensi dalam penggunaannya yang belum optimal. (5) Terkait hukuman atas kesalahan yang di lakukan sudah sangat baik berupa sanksi yang diberikan oleh pimpinan kepada para pegawai yang melakukan kesalahan serta penghargaan kepada kepada pegawai berprestasi. Kesimpulannya, Strategi Pemerintah Kelurahan Naimata Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan publik sudah cukup baik dan harus bisa dikembangkan lagi. Berdasarkan kesimpulan yang ada, penulis menyarankan beberapa hal berikut yakni : (1) Pemerintah Kelurahan Naimata harus bisa memperhatikan tata cara berkomunikasi yang baik pada masyarakat, (2) Memperhatikan bentuk layanan berdasarkan ekspetasi warga mengenai pelayanan yang baik, dari segi keaktifan dan kesiapan petugas pelayanan. (3) Memperhatikan kondisi ketersediaan dan keefektifan dalam penggunaan, sarana prasarana yang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemerintah Kelurahanm Pengingkatan Kualitas Pelayanan, Kelurahan Naimata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:14
Last Modified: 07 Oct 2020 02:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item