Profil Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Pribadi Pada Siswa-Siswi Kelas XI IPS 2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

KABELEN, Emalinda Bare (2020) Profil Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Pribadi Pada Siswa-Siswi Kelas XI IPS 2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1. Bagaimana profil keterampilan komunikasi antar pribadi kelas XI IPS2 dan 2. Apa implikasi dari setiap aspek keterampilan komunikasi antar pribadi bagi pengembangan program Bimbingan Pribadi pada siswa kelas XI IPS2 SMA Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020 ?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui profil komunikasi antar pribadi siswa kelas XI IPS dan 2. Mengetahui implikasi dari setiap aspek keterampilan omunikasi antar pribadi siswa bagi pengembangan bimbingan pribadi di SMA Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data adalah angket keterampilan komunikasi antar pribadi siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus analisis kecendrungan pusat. Hasil analisis data penelitian diperoleh skor rata-rata populasi, keterampilan komunikasi antar pribadi sebesar 125 berada di antara rentangan skor 102-132. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka tingkat keterampilan komunikasi antar pribadi siswa kelas XI IPS2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 termasuk kategori sedang. Sedangkan hasil analisis data penelitian setiap ciri-ciri keterampilan komunikasi antar pribadi, sebagai berikut ciri keterbukaan dengan skor 27 berada pada rentangan skor 22- 28, termasuk dalam kategori tinggi, ciri empati dengan skor 23 berada pada rentangan skor 22-28 termasuk dalam kategori tinggi, ciri mendukung dengan skor 23 berada pada rentangan skor 22-28 termasuk dalam kategori tinggi, ciri sikap positif dengan skor 22 berada pada rentangan skor 22-28 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan ciri percaya diri dengan skor 27 berada pada rentangan skor 22-28, dalam kategori tinggi. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka tingkat keterampilan komunikasi antar pribadi siswa kelas XI IPS2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 tergolong baik. Bertolak dari simpulan di atas maka peneliti memberikan saran bagi: 1). Kepala Sekolah, diharapkan agar dapat mengkoordonir dan mendukung seluruh program BK yang ada di sekolah sehingga terlaksana dengan baik guna membantu mengatasi masalah siswa khususnya masalah keterampilan komunikasi antar pribadi, 2). Guru BK/ konselor, diharapkan untuk merancang dan mengembangkan program bimbingan pribadi untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa khususnya keterampilan komunikasi antar pribadi siswa, 3). Siswa, diharapkan dapat memanfaatkan program bimbingan pribadi yang ada di sekolah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:23
Last Modified: 07 Oct 2020 02:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item