Menerapkan Ketrampilan Mendireksi Pola Birama Dasar 3/4 Dalam Lagu Belaian Sayang Karya Bing Slamet Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Kelas VIII Minat Direksi Di SMP Timpolmas Kupang

MANUAIN, Yacomina Adolfina (2020) Menerapkan Ketrampilan Mendireksi Pola Birama Dasar 3/4 Dalam Lagu Belaian Sayang Karya Bing Slamet Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Kelas VIII Minat Direksi Di SMP Timpolmas Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Dalam pertunjukan musik atau paduan suara sebagian besar ada dirigen. Dirigen adalah orang yang memimpin pertunjukan musik atau koor melalui gerak isyarat. Dirigen hakekatnya memiliki peranan sangat penting. Berdasarkan hasil observasi di SMP Timpolmas Kupang, penulis menemukan hanya terdapat seorang siswa yang dipercayakan untuk memimpin lagu saat upacara dan berdasarkan wawancara dengan guru seni budaya, penulis menemukan informasi bahwa di SMP Timpolmas Kupang hanya terdapat beberapa siswa yang dapat mendireksi, namun Mereka sering mengganti pola birama dipertengahan lagu dan mendireksi lagu kebangsaan yang memiliki birama 3/4 dirigen menggunakan pola gerakan birama 4/4. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana cara menerapkan ketrampilan dasar mendireksi lagu belaian sayang karya Bing Slamet dalam pola birama dasar 3/4 melalui metode imitasi dan drill pada siswa-siswi kelas VIII minat direksi di SMP Timpolmas Kupang. penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui dan mendeskripsikan ketrampilan dasar mendireksi lagu belaian sayang karya Bing Slamet dalam pola birama dasar 3/4 melalui metode imitasi dan drill pada siswa-siswi kelas VIII minat direksi di SMP Timpolmas Kupang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill dan imitasi sangat efektif dalam proses penerapan ketrampilan mendireksi pola birama dasar 3/4 dalam lagu “Belaian Sayang” bagi siswa-siswi kelas VIII minat direksi di SMP Timpolmas Kupang. Proses latihan berlangsung selama 4 hari dengan 7 kali pertemuan dengan langkah-langkah yaitu merekrut 4 orang siswi, menjelaskan pengertian mendireksi, menjelaskan perbedaan birama 4/4,3/4,2/4, menjelaskan kriteria dirigen, menjelaskan sikap badan dirigen, gerakan pendahuluan, gerakan penutup, memperkenalkan lagu “Belaian Sayang” dalam birama 3/4 kepada para siswi dan menangani berbagai kesulitan yang dialami oleh para siswi dengan cara membimbing secara individual yang dilakukan secara berulang-ulang sampai para siswi benarbenar menguasai teknik membirama 3/4 pada lagu “Belaian Sayang” secara baik dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mendireksi, Metode Drill, Metode Imitasi, Birama 3/4, Lagu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:47
Last Modified: 07 Oct 2020 03:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item