Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided Inkuiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK St.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

RAFU, Delfiana (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided Inkuiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK St.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (176kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang di peroleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan ketrampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang di capai oleh peserta didik.Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan maksimal apabila guru mampu melibatkan peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik adalah model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK Sta.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPK Sta.Theresia Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta dididk kelas VII B yang di terapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan kelas VII C di terapkan model pembelajaran langsung. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest Postest Control Grup. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat dari 41,3 menjadi 80,19. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mempunyai Pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Di lihat dari hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang di gunakan 0,002 < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa H0 di tolak dan Ha di terima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK Sta.Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 16 Oct 2019 00:52
Last Modified: 16 Oct 2019 00:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item