Analisis Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap (IRI) ( Studi Kasus Di Puskemas Sikumana, Kota Kupang )

NAHAK, Aryansen Freitas (2020) Analisis Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap (IRI) ( Studi Kasus Di Puskemas Sikumana, Kota Kupang ). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK_COVER.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (170kB)

Abstract

BPJS Kesehatan adalah bagian dari JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang merupakan kebijakan pemerintah di bidang kesehatan dan bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan kesehatan yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya bagi setiap peserta. Oleh karena itu, untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan kebijakan ini, dibutuhkan fasilitas kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit sebagai mitra BPJS kesehatan. Yang mekanisme penyelenggaraannya diatur di dalam Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional dan Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan BPJS Kesehatan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi kebijakan BPJS Kesehatan di UPT.Puskesmas Sikumana Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun penggunaan data yang digunakan adalah wawancara dengan informan kurang lebih satu bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi kebijakan BPJS Kesehatan di UPT.Puskesmas Sikumana Kota Kupang sudah cukup memuaskan, meskipun masih terdapat kendala yang harus bisa diatasi dan diperbaiki. Menurut hasil penelitian berdasarkan pendekatan lancarnya pelaksanaan rutinitas fungsi dan pendekatan terwujudnya dampak yang dikehendaki yang dikemukakan oleh Randall B. Repley dan Grace A. Franklin ada beberapa kendala yang ditemukan. Diantaranya yaitu ada klaim peserta BPJS Kesehatan di UPT.Puskesmas Sikumana yang belum dibayarkan oleh pihak BPJS Kesehatan dan defisit penerimaan yang dialami pada bagian Obygn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, BPJS, UPT.Puskesmas Sikumana.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Oct 2020 05:19
Last Modified: 13 Oct 2020 05:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item