Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP

BRIA, Maria Oktaviana (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 Kupang.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dengan model pembelajaran treffinger. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.0. Sebelum pengujian hipotesis, dikaukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas untuk data pretest dan posttest. Dari hasil analisis uji normalitas kelas eksperimen untuk data pretest diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) 0,200 dan Hal ini menunjukkan bahwa, nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) 0,200 dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, diterima yang berarti data berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) = 0,090 dan Hal ini menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) = 0,090 > 0,05 dan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, diterima yang berarti data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan One Sample Kolmogorov - Smirnov Test, setelah data dianalisis diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) = 0,000. Sedangkan dengan ,diperoleh dengan taraf signifikan diperoleh . Karena nilai Sig.(2-Tailed) = 0,000 0,05 dan , maka berdasarkan syarat uji t dan kriteria penerimaan dan penolakan pada BAB 3 dengan taraf signifikan 5% maka ditolak atau diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Treffinger dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Oleh karena itu, penulis menyarankan bagi para guru agar menggunakan model pembelajaran treffinger pada pembelajaran di kelas sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Treffinger, berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:00
Last Modified: 16 Oct 2019 01:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item