Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Menigkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas XI IPS 2 SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

PEMAHU, Grasiana Avila (2020) Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Menigkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas XI IPS 2 SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas XI IPS2 SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas XI IPS2 SMA Katolik Sint Carolus Penfui KupangTahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen perlakuan yakni pedoman pelaksanaan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar 41,198 dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 4,032. Dengan demikian berdasarkan kaidah penelitian yakni jika nilai t hitung > t tabel maka dapat dikatakan bahwa hasil uji beda rata-rata pretest dan posttest sangat signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain “penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas XI IPS2 SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran 1) Kepala sekolah sebagai pemimpin dan penanggung jawab hendaknya lebih memantau pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah bagi peserta didik yang mengalami masalah khususnya interaksi sosial. 2) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada peserta didik dengan menerapkan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan interaksi sosial. 3) Guru Wali kelas diharapkan agar meningkatkan kerja sama dengan konselor sekolah untuk memotivasi peserta didik dalam meningkatkan interaksi sosial. 4) peserta didik diharapkan agar memanfaatkan teknik modeling simbolis di setiap layanan bimbingan dan konseling yang diberikan sehingga dapat meningkatkan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:41
Last Modified: 14 Oct 2020 04:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item