Profil Kesadaran Diri Mahasiswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Potensi Diri Mahasiswa ( Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Semester VIIA Unwira KupangTahun Akademik 2018/2019)

BISIK, Yohanes Salabin (2018) Profil Kesadaran Diri Mahasiswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Potensi Diri Mahasiswa ( Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Semester VIIA Unwira KupangTahun Akademik 2018/2019). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian adalah: a) Bagaimana profil kesadaran diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019?. b) Apa implikasinya bagi pengembangan potensi diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah: a) untuk mengetahui profil kesadaran diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019. b) untuk mengetahui implikasinya bagi pengembangan potensi diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019. Lokasi penelitian: Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Jln. San Juan Penfui. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah: wawancara tertulis. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kecenderungan variabel. Hasil analisis data penelitian tentang profil kesadaran diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019 menunjukkan nilai μ minimal 74,668 dan nilai μ maksimal 81,332. Rata-rata populasinya 83,06+88,94= /2= 86 berada pada rentangan skor 80-104. Dengan demikian profil kesadaran diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019 termasuk kategori Sedang. Sedangkan hasil analisis data penelitian kesadaran diri mahasiswa pada setiap aspek adalah: a) Aspek mengenal emosi menunjukkan nilai μ minimal 23,28 dan nilai μ maksimal 28,72. Rata-rata populasinya -23,28+28,72= /2=26 berada pada rentangan skor 19-27. Dengan demikian aspek mengenal emosi mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019 termasuk kategori rendah. b) Aspek pengakuan diri menunjukkan nilai μ minimal 23,542 dan nilai μ maksimal 26,058. Rata-rata populasinya 23,542+26,058= /2=25 berada pada rentangan skor 19-27. Dengan demikian aspek pengakuan diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019 termasuk kategori rendah. c) aspek kepercayaan diri menunjukkan μ minimal 28,828 dan nilai μ maksimal 31,172. Rata-rata populasinya 28,828+31,172= /2=30 berada pada rentangan skor 28-36. Dengan demikian aspek kepercayaan diri mahasiswa Unwira Kupang tahun akademik 2018/2019 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka peneliti mengajukan saran kepada pihakpihak terkait yaitu 1) Ketua Program Studi Bimbingan Konseling : diharapkan agar bekerja sama dengan para dosen untuk membuat suatu kebijakan yang mengikat dan mengontrol perilaku mahasiswa di kampus. 2) Dosen pembimbing akademik diharapkan agar lebih tegas dan disiplin dalam memberikan bimbingan dan pendampingan kepada mahasiswa agar mereka semakin menunjukkan sikap sadar diri dan disiplin diri di kampus. 3) Mahasiswa diharapkan agar lebih meningkatkan kesadaran dirinya terutama di kampus guna membangun relasi dan interaksi yang baik dengan orang-orang sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:18
Last Modified: 15 Oct 2020 03:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item