Upaya Memperkenalkan Teknik Dasar Bermain Rekorder Sopran Melalui Metode Imitasi Dan Drill Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa Siswi Minat Musik Kelas VII SMP Katolik Wae Mokel Kabupaten Manggarai Timur

BU'E, Silvia Maria Diana (2020) Upaya Memperkenalkan Teknik Dasar Bermain Rekorder Sopran Melalui Metode Imitasi Dan Drill Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa Siswi Minat Musik Kelas VII SMP Katolik Wae Mokel Kabupaten Manggarai Timur. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
file abstrak.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)

Abstract

Rekorder meruapakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara (Aerophone) dan dimainkan dengan cara ditiup. Salah satu model pembelajaran keterampilan siswa memainkan alat musik rekorder harus selalu melalui latihan - latihan dari pembejaran materi yang sederhana secara terus menerus. Namun kenyataan yang terjadi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMP Katolik Wae Mokel kabupaten Manggarai Timur belum mengetahui teknik dasar dalam permainan alat musik Rekorder. Berdasarkan uraian diatas maka dapat dirumuskah masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan dalam memperkenalkan teknik dasar bermain rekorder melalui metode imitasi dan drill sebagai kegiatan ekstrakurikuler pada siswa siswi minat musik kelas vii SMP Katolik Wae Mokel kabupaten Manggarai Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah – langkah yang tepat sebagai upaya dalam rangka memperkenalkan teknik dasar bermain rekorder melalui metode imitasi dan drill sebagai kegiatan ekstrakurikuler pada siswa siswi minat musik kelas vii SMP Katolik Wae Mokel kabupaten Manggarai Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode imitasi dan drill. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan yaitu melalui kegiatan Ekstrakurikuler dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya memperkenalkan teknik dasar bermain rekorder peneliti melaksankan penelitian dalam 3 (tiga) tahap yaitu tahap persiapan, tahap inti dan tahap akhir. Dalam penelitian ini tidak terlepas dari adanya kesulitan yang ditemukan anggota penelitian selama proses penelitian berlangsung seperti sulit membuka dan menutup lubang – lubang pada rekorder sehingga bunyi nada yang dihasilkan tidak tepat, siswa siswi bermain lagu tidak sesuai tempo, siswa siswi bermain lagu dengan napas yang kurang baik sehingga penggalan kata dalam lagu pun terputus – putus. Semua kesulitan dapat diatasi dengan baik oleh peneliti dengan cara mengulangi kambali setiap latihan – latihan sehingga siswa mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam memperkenalkan teknik dasar pada siswa/siswi SMPK Wae Mokel Manggarai Timur dalam prosesnya ada kesulitan / kendala yang dialami terutama dalam hal penjarian, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode imitasi yakni peneliti memberi contoh dan siswa mengikuti dan metode drill yaitu peneliti memberi latihan secara berulang-ulang . Dengan demikian siswa dapat memainkan rekorder dengan teknik dasar yang cukup baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik dasar, Rekorder, metode meniru, drill siswa – siswi SMP Katolik Wae Mokel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:21
Last Modified: 15 Oct 2020 03:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item