Upaya Memperkenalkan Teknik Dasar Permainan Pianika Dengan Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Musik SMPN Sekolengo Kecamatan Ndona Timur Kabupaten Ende

META, Maria Mater Dolorosa (2020) Upaya Memperkenalkan Teknik Dasar Permainan Pianika Dengan Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Musik SMPN Sekolengo Kecamatan Ndona Timur Kabupaten Ende. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf

Download (391kB)

Abstract

Pianika adalah instumen yang bekerja sebagai prinsip kerja harmonika yaitu dengan cara ditiup. Cara memainkan alat music pianika adalah tangan kiri memegang pianika dan tangan kanan menekan untuk memainkan melodi lagu, sedangkan mulut meniup selang untuk menghasilkan suara. Pianika merupakan salah satu alat musik sekolah yang wajib dalam pembelajaran ditingkat SMP dan SMA dan biasanya dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk latihan. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah yang menjadi fokus penelitian yaitu, bagaimana upaya memperkenalkan teknik dasar permainan pianika dengan menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi minat musik SMPN Sekolengo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperkenalkan teknik dasar permainan pianika dengan menggunakan metode imitasi dan drill pada siswasiswi minat musik SMPN Sekolengo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses membelajaran alat musik pianika dilaksankan selama sembilan kali pertemuan, yakni: pertemuan pertama perekrutan, memberikan materi tentang alat musik pianika, dan memperkenalkan alat musik pianika. Pertemuan kedua memainkan tangga nada C natural, pertemuan ketiga memainkan notasi sederhana, pertemuan keempat memainkan penjarian interval, pertemuan kelima memainkan etude penjarian menuju kelagu, pertemuan keenam memainkan lagu satu bagian, pertemuan ketujuh memainkan lagu dua bagian, pertemuan kedelapan memainkan lagu tiga bagian, dan pertemuan kesembilan pementasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses memperkenalkan teknik dasar permainan alat music pianika dengan menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi minat musik SMPN Sekolengo dalam proses tersebut siswa-siswi mengalami kesulitan terkait dengan teknik dasar permainan pianika. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan metode yang sudah diberikan yakni metode imitasi yakni peneliti memberikan contoh dan siswa-siswi mengulang dan metode drill yakni melakukan latihan secara berulang-ulang sehingga siswa-siswi pada akhirnya dapat bermain dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Musik Pianika, Teknik Dasar, Metode Imitasi, Drill, dan Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:45
Last Modified: 15 Oct 2020 03:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item