Pengaruh Sikap Responsif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Sistem Koloid Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

MELDA, Alberta Trifonia (2020) Pengaruh Sikap Responsif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Sistem Koloid Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB V + DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran dengan pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secarakritis, logis, runut, sistematis dan analitis. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimanakah sikap responsif peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimanakah kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020? (4)Adakah hubungan antara sikap responsif terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020? (5) Adakah pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan utama penelitian ini adalah: (1)Mendeskripsikan efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan sikap responsif peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. (4) Mendeskripsikan ada tidaknya hubungan antara sikap responsif terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. (5) Mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan scientific efektif pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. (2) Sikap responsif peserta didik kelas kelas XI IPA 1 SMAN 5Kupang tahun pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori baik dengan persentase rata-rata 79%. (3) Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80,72%. (4) Ada hubungan antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rX1X2Y1) = 0,989 dan (rX1X2Y2) = 0,3856. (5) Ada pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 5 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 1,945+ 0,115X1 + 0,912X2 dan Ŷ = 13,24 + 0,167X1 + 0,724X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Responsif, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Oct 2020 01:16
Last Modified: 13 Oct 2020 01:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3482

Actions (login required)

View Item View Item