Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

NUA, Anjelina (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER DST.pdf

Download (875kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (396kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang. Alasannya di NTT atau Daerah Kabupaten dan atau kota di lingkup wilayah NTT,hampir kebanyakan peserta didik berasal dari keluarga ekonomi menengah kebawah. Selain itu di sekolah-sekolah pada berbagai level atau tingkatan juga memiliki ketersediaan daya dukung pembelajaran yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G dan kelas VIII I .Teknik pengumpulan data melalui test dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis hasil belajar peserta didik, kemampuan guru dan aktivitas peserta didik, dan statistik inferensial yaitu uji anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model Problem Based Learning rata-rata pretest 52,666 dan posttest 82,166, Sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung rata-rata pretest 54,833 dan postest 73,5. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signikansinya 0,001 ≤ 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak yaitu tidak ada Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Ha diterima, artinya ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ada Pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada meteri pokok Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMPN 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Problem Based Learning, hasil belajar peserta didik, struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:21
Last Modified: 16 Oct 2019 01:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item