Teknik Dasar Bermain Alat Musik Rekorder Melalui Metode Drill Dan Imitasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa – Siswi SMPK Nirmala Jopu Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende

WONGA, Sisilia Bergita (2020) Teknik Dasar Bermain Alat Musik Rekorder Melalui Metode Drill Dan Imitasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa – Siswi SMPK Nirmala Jopu Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)

Abstract

Rekorder merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara, (aerophone) dan di mainkan dengan cara ditiup. Namun fakta yang ditemukan di SMPK Nirmala Jopu adalah siswa-siswi belum mengetahui, teknik dasar dalam permainan alat musik rekorder.Berdasarkan uraian latar belakang, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana pembelajaran teknik dasar bermain alat musik rekorder melalui metode drill dan imitasi pada siswa-siswi minat rekorder SMPK Nirmala Jopu Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende pada kegitan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan teknik dasar bermain alat musik recorder melalui metode drill dan imitasi pada siswa-siswi SMPK Nirmala Jopu Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan penelitian tindakan lapangan dengan teknik pengumpulan data, berupa observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menujukan bahwa proses pembelajaran alat musik rekorder pada siswasiswi SMPK Nirmala Jopu Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende, dilaksanakan dalam sepuluh kali pertemuan. Dalam proses penelitian, yakni petemuan pertama, perengkrutan pemain, penentuan jadwal latihan dan menjelaskan materi tentang alat musik rekorder. Pertemuan kedua,menjelaskan meteri lanjutan rekorder dan melatih teknik dasar memainkan alat musik rekorder dalam tangga nada C natural, dan etude baru,Pertemuan ketiga, peneliti melatih etude penjarian baru, Pertemuan keempat, peneliti melatih etude, penelitian kelima,pneliti melatih memainkan melodi lagu Twinkle-twinkle,pertemuan keenam, penelitih melatih memainkan melodi lagu Ana Sai, pertemuan ketujuh,peneliti mengulang kembali latihan secara terus menerus melodi lagu Twinkle-twinkle dan Ana sai, pertemuan kedelapan, peneliti mengulang kembali latihan secara terus menerus melodi lagu Twinkle-twinkle dan Ana Sai, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal, petemuan kesembilan, penelit mengulang kembali latihan dari tangga nada sampai dengan lagu Twinkle-twinkle dan Ana Sai, pertemuan kesepuluh, pementasan musik rekorder. Berdasarka hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran teknik dasar bermain alat musik rekorder dapat dilakukan dengan cukup baik oleh siswa-siswi SMPK Nirlama Jopu Kecamatan Wolowaru kabupaten Ende walaupun terdapat kesulitan –kesulitan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan metode drill dan imitasi yaitu memberikan contoh dan latihan dilakukan secara berulang-ulang bagi siswa-siswi yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik dasar, rekorder, metode drill, imitasi, dan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Oct 2020 05:16
Last Modified: 16 Oct 2020 05:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item View Item