Upaya Pembelajaran Pola Irama Rhumba Dalam Permainan Alat Musik Cajon Dengan Lagu Model Bolelebo Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Minat Cajon SMPK Maria Goreti Ende

WIMBO, Yohanes Putera Wolo (2020) Upaya Pembelajaran Pola Irama Rhumba Dalam Permainan Alat Musik Cajon Dengan Lagu Model Bolelebo Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Minat Cajon SMPK Maria Goreti Ende. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (103kB)

Abstract

Kegiatan bermusik sangatlah bervariasi, mulai dari kegiatan yang paling sederhana seperti; mendengarkan musik, mengekspresikan musik kedalam lagu sampai pada kegiatan yang paling kompleks yaitu penerapan irama Rhumba dalam permainan cajon pada siswa SMPK Maria Goreti Ende. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah proses penerapan irama Rhumba dalam permainan Cajon dengan model lagu Bolelebo pada siswa SMPK Maria Goreti Ende minat perkusi menggunakaan metode meniru dan metode Drill. Adapun tujuan penelitiannya yakni untuk mendeskripsikan proses penerapan irama Rhumba dalam permainan Cajon dengan model lagu Bolelebo pada siswa SMPK Maria Goreti Endeminat perkusi. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan yakni tindakan lapangan, teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan irama Rhumba dalam permainan Cajon dilakukan dan dimulai dari pengenalan tentang alat musik Cajon, teknik permainan cajon dan permainan cajon dengan irama Rhumba sebagai iringan lagu model bolelebo. Kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam permainan cajon terletak pada penempatan teknik pukulan yang belum tepat, posisi tangan yang belum sempurna dan tempo yang belum stabil. Hal ini diatasi dengan cara memberikan contoh dan diikuti oleh peserta didik kemudian dilakukan latihan berulang-ulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran alat musik cajon memberikan pengetahuan baru tentang penggunaan alat musik cajon dalam permainan perkusi dan peserta didik terbantu untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat menjadi bekal pengetahuan dihari esok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: cajon, rhumba, lagu model, ekstrakurikuler, metode imitasi, drill dan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Oct 2020 05:24
Last Modified: 16 Oct 2020 05:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item