Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Patologi Birokrasi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang

NONA, Stefania Wonga (2020) Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Patologi Birokrasi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
cover_sampai_abtrak[1].pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB VI DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Masalah pokok yang dikaji adalah bagaimanakah cara mengatasi beberapa factor yang mempengaruhi patologi birokrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi patologi birokrasi diDinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori birokrasi, patologi birokrasi meliputi: Nepotisme, Sistem perekrutan dan promosi, Pelayanan yang berbelit-belit, Mal-adaministrasi (ketidaktepatan waktu), Disiplin waktu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu, informan sedangkan data sekunder yaitu dokumen-dokumen yang berkaitan dengan variable penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian,faktor patologi birokrasi di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota kupang adalah sebagai berikut, pertama, Pemanfaatan jabatan untuk memberi pekerjaan, kesempatan atau penghasilan bagi keluarga atau kerabat dekat pejabat.Kedua,Sistem rekrutmen danpenempatan pegawai yang tidak berdasarkan merit system(berdasarkan jenjangan karir).ketiga, Pemberian pelayanan kepada masyarakat selalu bertele-tele sehingga ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diterima dan yang diberikan kurang maksimal. Keempat, Ketidaktepatan waktu dalam pemberian pelayanan publik antara lain penundaan berlarut, tidak menangani dan melalaikan kewajiban.Kelima, Mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya. Berdasarkan hasil penelitian diatas, direkomendasikan beberapa hal sebagai berikut: pertama,Perlu adanya perbaikan pelayanan administrasi kependudukan (pembuatan dan pengambilan E-KTP) dan penambahan sarana dan prasarana (Komputer, mesin pencetak, dan lain-lain). Kedua, perlu menyediakan kotak saran untuk masyarakat. Ketiga, Perlu menyediakan loket khusus seperti loket pembuatan E-KTP, loket pengambilan E-KTP, loket pengambilan nomor antrean di depan kantor DISDUKCAPIL.Keempat, perlu menyediakan loket perkecamatan dalam satu hari dan membuat jadwal kuota masyarakat perkecamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Birokrasi, Patologi birokrasi, DISDUKCAPIL, Kota Kupang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:28
Last Modified: 20 Oct 2020 05:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3517

Actions (login required)

View Item View Item