Penerapan Petikan Apoyando Dan Petikan Tirando Pada Permainan Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Bolelebo Menggunakan Metode Drill Dan Imitasi Pada Peserta Didik Minat Gitar SMAN Lurasik Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara

TETY, Cristovao Veridiano Da Costa (2020) Penerapan Petikan Apoyando Dan Petikan Tirando Pada Permainan Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Bolelebo Menggunakan Metode Drill Dan Imitasi Pada Peserta Didik Minat Gitar SMAN Lurasik Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB IV_compressed (1)-dikompresi_compressed (1).pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)

Abstract

Pembelajaran alat musik gitar pada siswa SMAN Lurasik Kecamatan Biboki Utara Kabupten Timor Tengah Utara merupakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sebagai bagian dari upaya mengembangkan serta meningkatkan bakat siswa dalam bidang musik yang mereka miliki. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses Penerapan Petikan Apoyando dan Petikan Tirando Pada Permainan Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Bolelebo Menggunakan Metode Drill dan Imitasi Pada Peserta Didik Minat Gitar SMAN Lurasik Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses Penerapan Petikan Apoyando dan Petikan Tirando Pada Permainan Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Bolelebo Pada Peserta Didik Minat Gitar SMAN Lurasik Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode tindakan lapangan. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan upaya pembelajaran gitar ini dilakukan melalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan anggota pemain gitar dan penentuan jadwal latihan, tahap inti terdiri dari memainkan tangga nada G mayor, latihan etude-etude, latihan melodi lagu, latihan pola iringan, penggabungan melodi pokok dan iringan, serta tahap pemantapan dimana para siswa memainkannya dalam bentuk ansambel secara bergantian. Tahap akhir dari penelitian ini yaitu melakukan pementasan ansambel gitar. Dalam pembelajarannya peneliti menemukan kesulitan yang dialami siswa terutama saat memainkan tangga nada g mayor, etude-etude, melodi lagu, dan pola iringan di mana jari para siswa masih sedikit kaku saat memetik mengunakan teknik petikan apoyando dengan menggunakan jari telunjuk (i), jari tengah (m) dan teknik petikan tirando yang menggunakan jari jempol (p), jari telunjuk (i), jari tengah (m) dan jari manis (a) ataupun saat berpindah kunci sehingga suara yang dihasilkan menjadi sumbang. Selanjutnya saat bermain bersama para siswa masih kurang kompak terutama dalam penguasaan tempo. Untuk mengatasi kesulitan itu peneliti melakukan latihan secara berulang-ulang dan juga memberikan contoh kepada siswa untuk ditiru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Petikan Apoyando dan Petikan Tirando Pada Permainan Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Bolelebo Menggunakan Metode Drill dan Imitasi Pada Peserta Didik Minat Gitar SMAN Lurasik Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara, ini berhasil walaupun belum sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Apoyando, Tirando, Ansambel, Gitar, metode Imitasi, Drill, dan Siswa-siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:39
Last Modified: 21 Oct 2020 05:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item View Item