Upaya Menerapkan Teknik Vokal Phrasering Dalam Lagu Model Flobamora ( Pop Daerah NTT, Karya Pdt. O Sam Koli Dan Friedel Eduard Lango ) Melalui Metode Drill Pada Siswa Minat Vokal Kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang

MO'I, Maria Maxima Katarina (2020) Upaya Menerapkan Teknik Vokal Phrasering Dalam Lagu Model Flobamora ( Pop Daerah NTT, Karya Pdt. O Sam Koli Dan Friedel Eduard Lango ) Melalui Metode Drill Pada Siswa Minat Vokal Kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)

Abstract

Seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang tidaklah cukup dengan pemberian materi melainkan harus sejalan dengan praktik. Kenyataan yang terjadi pada siswa/siswi SMP Negeri 10 Kupang adalah siswa/siswi menyanyi lagu dengan pemenggalan kalimat yang tidak sempurna. Faktor penyebabnya adalah kurangnya pemahaman siswa/siswi tentang teknik phrasering dan penggunaan pernafasan difragma yang baik dan benar. Penelitian ini bejudul upaya menenerapan teknik vokal phrasering dalam lagu model flobamora ( Pop Daerah NTT, Karya Pdt. O Sam Koli dan Friedel Eduard Lango ) melalui metode drill pada siswa minat vokal kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Permasalahan yang menjadi fokus peneliti yaitu bagaimana upaya menerapkan teknik vokal phrasering dalam lagu model Flobamora ( Pop Daerah NTT, Karya Pdt. O Sam Koli dan Friedel Eduard Lango ) melalui metode drill pada siswa minat vokal kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahuai dan mendeskripsikan upaya menerapkan teknik vokal phrasering dalam lagu model Flobamora ( Pop Daerah NTT, Karya Pdt. O Sam Koli dan Friedel Eduard Lango ) melalui metode drill pada siswa minat vokal kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : metode yang digunakan dalam menenerapan teknik vokal phrasering dalam lagu model flobamora ( Pop Daerah NTT, Karya Pdt. O Sam Koli dan Friedel Eduard Lango ) melalui metode drill pada siswa minat vokal kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal, peneliti melakukan observasi, wawancara dengan gurur seni budaya sekaligus permintaan ijin kepada kepala sekolah. Tahap inti, proses latihan dealam upaya menerapkan teknik vokal phrasering difokuskan pada latihan pernapasan khususnya pernapasan diafragma, menyanyikan etude, dan latihan menyanyikan lagu Flobamora menggunakan pemenggalan kalimat yang baik dan benar. Tahap akhir, pementsan lagu Flobamora sesuai dengan apa yang dilatih bersama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa upaya menenerapan teknik vokal phrasering dalam lagu model flobamora ( Pop Daerah NTT, Karya Pdt. O Sam Koli dan Friedel Eduard Lango ) melalui metode drill pada siswa minat vokal kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang membawa perubahan positif pada siswi kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang, walaupun masih terjadi kesalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dapat membantu siswi mengembangkan kemampuan yang mereka miliki karena dilakukan secara berulang – ulang sehingga itu menjadi bekal untuk pengetahuan di hari esok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik vokal phrasering, siswi, minat vokal, lagu Flobamora, metode drill
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Oct 2020 04:59
Last Modified: 23 Oct 2020 04:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item View Item