Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided Inkuiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

NENOMETA, Lambertina L. (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Quided Inkuiry) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (383kB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan mnusia, dalam hal ini dikaren akan pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia diman a pendidikan itu sendiri bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berahlak mulia,berilmu, kreatif dan mandiri. Hasil observasi yang peneliti laku kan di SMA Negeri 5 Kupang dengan mewawancarai salah satu guru mata pelajaran Biologi, maka ditemukan beberapa masalah yaitu(1) guru masih menggunakan metode ceramah sehingga mata pelajaran yang diajarkan tidak menarik dan seolah-olah pembelajaran hanya berpusat pada guru saja dan membuat peserta didik cendrung individual dalam belajar,(2)tidak ada interaksi positif antara peserta didik, hal ini akan mengakibatkan peserta didik yang aktif akan memperolah pengetahuan yang lebih besar dibandingkan dengan peserta didik yang cendrung pendiam,(3) konsentrasi dan pemahaman peserta didik kurang pada setiap pembelajaran biologi berlangsung, yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian pra-tes pasca-tes dengan kelompok pengendali tidak diacak. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Kupang.Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti menentukan sendiri sampel yang akan diamati dengan pertimbangan atau tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan : Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2019/2020. dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0.05, Hal tersebut menunjukan bahwa H0 di tolak dan Ha di terima.Adanya peningkatan pada aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan model pembelajaran langsung serta kemampuan guru yang meningkat pada kelas ekperimen dibandingkan dengan kelas control. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Oct 2020 05:05
Last Modified: 23 Oct 2020 05:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item