Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Smartphone Melalui Situs Belanja Online Tokopedia Pada Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

CARVALHO, Mario De (2019) Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Smartphone Melalui Situs Belanja Online Tokopedia Pada Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)

Abstract

Jumlah pencarian smartphone melalui Situs Belanja Online Tokopedia pada tahun 2019, tidak masuk dalam urutan 5 besar. Hal ini diduga karena Situs Belanja Online Tokopedia kurang dipercaya dalam transaksi pembelian smartphone dan memiliki resiko yang cukup tinggi. Rumusan masalah adalah bagaiman persepsi konsumen mengenai kepercayaan dan persepsi resiko konsumen dan minat beli smartphone, serta apakah kepercayaan dan persepsi resiko secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smarphone pada Situs Belanja Online Tokopedia. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yang pernah berkunjung di Situs Belanja Online Tokopedia. Jumlah populasi tidak diketahui secara pasti, sehingga jumlah indikator 11 dikalikan dengan angka 5-10 dan angka yang di pilih yaitu 10 jadi jumlah sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah 110 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperolah yaitu data kualitatif dan kuantitatif, data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (regresi linear berganda) Hasil Analisis Deskriptif diperoleh jawaban responden terhadap variabel kepercayaan sebesar 76,26% dengan kategori baik sedangkan variabel persepsi resiko sebesar 74% dengan kategori baik. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 0,352X1 + 0,545X2. Hasil Uji t menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan persepsi resiko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Situs Belanja Online Tokopedia. Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan persepsi resiko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Situs Belanja Online Tokopedia. Koefisien determinasi sebesar 0,694, hal ini berarti 69.4% variabel minat beli dapat dijelaskan oleh variabel kepercayaan dan variabel persepsi resiko, sedangkan sisanya 30,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Disarankan kepada Situs Belanja Online Tokopedia agar mempertahankan kepercayaan konsumen yaitu menggunakan sistem transaksi yang aman sehingga konsumen bisa mengembalikan barang jika konsumen tidak puas dan tidak kehilangan uang. Untuk mengurangi persepsi resiko Situs Belanja Online Tokopedia lebih banyak memberikan informasi terkait informasi smartphone yang akan dijual kepada konsumen agar dapat meningkatkan minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Persepsi Resiko dan Minat Beli.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 Oct 2020 01:46
Last Modified: 24 Oct 2020 01:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3549

Actions (login required)

View Item View Item