Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

BENU, Helena Osnovita (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru, namun dalam pembelajaran di sekolah ada beberapa persoalan, seperti peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik agar peserta didik lebih aktif saat pembelajaran berlansung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020 Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian adalah non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII E. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui tahap-tahap observasi, pretest, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat dari 41,60 menjadi 81,78. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Dilihat dari hasil iju anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,03 < 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Stuktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Struktur dan Fungsi jaringan Tumbuhan, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 24 Oct 2020 02:34
Last Modified: 24 Oct 2020 02:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item View Item